Main Article Content
Abstract
Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Jumlah rumah sakit yang semakin meningkat membuat setiap rumah sakit saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan, sehingga perlu upaya untuk mempengaruhi kepuasan pasien adalah dengan meningkatkan layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan menjamin kepuasan pasien sehingga setiap pasien yang datang akan merekomendasikan fasilitas kesehatan yang dikunjungi. Berdasarkan hasil survei pendahuluan yang dilakukan peneliti di RSUD Labuang Baji Kota Makassar diperoleh data awal dari rekam medik bahwa persentase kepuasan pasien mengalami penurunan dan belum memenuhi indikator Standar Pelayanan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh pemasaran digital terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Labuang baji Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 265 responden dan Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh accessibility (p=0,001), interactivity (p=0,017), credibility (p=0,004), informativeness (p=0,017) site desain (p=0,014). Sedangkan entertainment (p=0,447) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kemudian variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah accesebility (aksesibilitas) (p=0,000). Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan pemasaran digital dan layanan kesehatan pada pasien agar kepuasan pasien meningkat.
Keywords
Article Details
References
- Andari, F. (2021). Pengaruh Advertising Credibility dan Word of Mouth terhadap Trust dan Purchase Intention Layanan Coffee on The Bus PO. Tirto Agung. PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 4(1), 49–59. https://doi.org/10.21632/perwira.4.1.49 59
- Aqsa, M. (2018). Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap Dan Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kota Palopo (Survei pada Pengguna Internet di Kota Palopo). Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 82–93.
- Astuti, & Kustiyah, E. (2014). Analisis Kepuasan terhadap Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Jurnal Gema, 26(48), 1356–1371.
- Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17 https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202
- Depkes RI. (2005). Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Indikator Pelayanan Rumah Sakit.
- Dewi, N. K. S. S. (2014). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
- Evisusanti, S. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020.
- Handayani, T., Hamdani, M., & Pantawis, S. (2019). Analisis Pengaruh Timeliness, Apology, Redress, Facilitation, Credibility Dan Attentiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Bpjs Kesehatan Di Kabupaten Batang). Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 254. https://doi.org/10.35448/jmb.v11i2.6062
- Hendraningtiyas, Y. A. L., & Soediono, W. (2015). Pengaruh Site Design, Informativeness dan Security Terhadap Customer Satisfaction Online Web Retailing Zalora Indonesia. 17(2), 190–196.
- Inkiriwang, M. V., Ogi, I. W. J., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Pinky Kitty Shop Tondano. 10(3), 587–596.
- Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 83–93.
- Miranda, Y. (2020). Pengaruh Instagram sebagai Social Media Marketing (SMM) terhadap Proses Pengambilan Keputusan memilih Production House (PH) di Surabaya. 1–8.
- Miska. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Penggunaan BPJS Kesehatan Pada Rumah Sakit Pendidikan 46 Public Health and Medicine Journal (PAMA). Vol.2.,No 2, Juni 2024 UNHAS Makassar.
- Muzakki, M. Informativeness, R. (2019). Pengaruh Entertainment dan Irritation Isi Iklan di Facebook terhadap Attitude Toward Advertising: dengan Mediator Advertising Value pada Generasi Milenial di Yogyakarta.
- Nazirah, U., & Utami, S. (2018). Pengaruh Kualitas Desain Website Terhadap Niat Pembelian Dimediasi Oleh Persepsi Kualitas Produk Pada Lazada. Co. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3), 55–69.
- Ngula, M. O. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Abdul Wahab Sjahrani Samarinda.
- Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96.
- Regi, S. (2017). Peran Brand Credibility Terhadap Niat Beli di Bidang jasa Keungan. 1(2), 1–19.
- Riswan. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. 16–20.
- Riyashatul, A., Ani, U., Arabta, A., & Pelawi, M. P. (2023). Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Jalan di Poli Umum Puskesmas Bojong Menteng Tahun 2022. 5(1).
- Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Nowell Dewantara. (2022). Pemasaran Digital. Silalahi, Y. E. (2019). Analisis Pengaruh Website Design, Fulfillment, dan Privacy/Security Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Situs Belanja Online Lazada (Studi Pada Mahasiswa Universitas Semarang). Skirpsi.
- Sugiyono. (2019). Diponegoro Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. (2009).
- Utami, S. T., Azizah, V. H., & Setiatin, S. (2021). Indikator Rawat Inap Pada Masa Pandemi COVID-19 di RSI Assyifa Sukabumi. 1(9), 1227–1239.
- Wahid, N., & Nani, R. R. (2013). Aksesibilitas Informasi Ilmiah Science Direct Lingkungan Ristek dan LPNK.
- Wustqa, D. U., Listyani, E., Subekti, R., Kusumawati, R., Susanti, M., & Kismiantini, K. (2018). Analisis Data Multivariat Dengan Program R
References
Andari, F. (2021). Pengaruh Advertising Credibility dan Word of Mouth terhadap Trust dan Purchase Intention Layanan Coffee on The Bus PO. Tirto Agung. PERWIRA - Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia, 4(1), 49–59. https://doi.org/10.21632/perwira.4.1.49 59
Aqsa, M. (2018). Pengaruh Iklan Online Terhadap Sikap Dan Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kota Palopo (Survei pada Pengguna Internet di Kota Palopo). Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 82–93.
Astuti, & Kustiyah, E. (2014). Analisis Kepuasan terhadap Pasien Rawat Inap Atas Pelayanan Rumah Sakit Umum Kabupaten Sragen. Jurnal Gema, 26(48), 1356–1371.
Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17 https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202
Depkes RI. (2005). Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Indikator Pelayanan Rumah Sakit.
Dewi, N. K. S. S. (2014). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Evisusanti, S. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020.
Handayani, T., Hamdani, M., & Pantawis, S. (2019). Analisis Pengaruh Timeliness, Apology, Redress, Facilitation, Credibility Dan Attentiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Bpjs Kesehatan Di Kabupaten Batang). Sains: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 254. https://doi.org/10.35448/jmb.v11i2.6062
Hendraningtiyas, Y. A. L., & Soediono, W. (2015). Pengaruh Site Design, Informativeness dan Security Terhadap Customer Satisfaction Online Web Retailing Zalora Indonesia. 17(2), 190–196.
Inkiriwang, M. V., Ogi, I. W. J., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Pinky Kitty Shop Tondano. 10(3), 587–596.
Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 83–93.
Miranda, Y. (2020). Pengaruh Instagram sebagai Social Media Marketing (SMM) terhadap Proses Pengambilan Keputusan memilih Production House (PH) di Surabaya. 1–8.
Miska. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Penggunaan BPJS Kesehatan Pada Rumah Sakit Pendidikan 46 Public Health and Medicine Journal (PAMA). Vol.2.,No 2, Juni 2024 UNHAS Makassar.
Muzakki, M. Informativeness, R. (2019). Pengaruh Entertainment dan Irritation Isi Iklan di Facebook terhadap Attitude Toward Advertising: dengan Mediator Advertising Value pada Generasi Milenial di Yogyakarta.
Nazirah, U., & Utami, S. (2018). Pengaruh Kualitas Desain Website Terhadap Niat Pembelian Dimediasi Oleh Persepsi Kualitas Produk Pada Lazada. Co. Id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(3), 55–69.
Ngula, M. O. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pasien Rawat Jalan Di RSUD Abdul Wahab Sjahrani Samarinda.
Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary terhadap Minat Berkunjung Wisatawan melalui Loyalitas Wisatawan sebagai Variabel Mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96.
Regi, S. (2017). Peran Brand Credibility Terhadap Niat Beli di Bidang jasa Keungan. 1(2), 1–19.
Riswan. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS di Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. 16–20.
Riyashatul, A., Ani, U., Arabta, A., & Pelawi, M. P. (2023). Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat Jalan di Poli Umum Puskesmas Bojong Menteng Tahun 2022. 5(1).
Sihombing, N. S., Pardede, E., Sihombing, A., & Nowell Dewantara. (2022). Pemasaran Digital. Silalahi, Y. E. (2019). Analisis Pengaruh Website Design, Fulfillment, dan Privacy/Security Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Situs Belanja Online Lazada (Studi Pada Mahasiswa Universitas Semarang). Skirpsi.
Sugiyono. (2019). Diponegoro Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. (2009).
Utami, S. T., Azizah, V. H., & Setiatin, S. (2021). Indikator Rawat Inap Pada Masa Pandemi COVID-19 di RSI Assyifa Sukabumi. 1(9), 1227–1239.
Wahid, N., & Nani, R. R. (2013). Aksesibilitas Informasi Ilmiah Science Direct Lingkungan Ristek dan LPNK.
Wustqa, D. U., Listyani, E., Subekti, R., Kusumawati, R., Susanti, M., & Kismiantini, K. (2018). Analisis Data Multivariat Dengan Program R