Main Article Content
Abstract
Balance scorecard adalah suatu susunan kerja, yang menghubungkan visi, misi, dan strategi untuk kunci keberhasilan sukses suatu organisasi saat ini dan masa mendatang. Tujuan penelitian. untuk mengetahui Kinerja Rumah Sakit Umum Faisal dengan metode balance scorecard berdasarkan 2 perspektif yaitu perspektif pelanggan dan perspektif pertumbuhan pembelajaran.
Desain penelitian: deskriptif kuantitatif, yaitu pendekatan yang dilakukan dengan menganalisis data ordinal dari hasil jawaban kuesioner responden dan data-data angka (rasio) yang diperoleh dalam pengumpulan data. Setelah data dianalisis, kemudian hasilnya dipaparkan secara deksriptif. Hasil penelitian: Tingkat kepuasan pelanggan memperoleh skor sebesar 3695 berada pada interval “cukup puas” yaitu Skor 2832 – 3704. Tingkat retensi pelanggan diperoleh skor 740 berada pada interval “Baik” yaitu Skor 741 – 915. Tingkat retensi karyawan yang diperoleh skor 1497 pada interval Skor pada 1428 – 1868 kategori ”cukup baik”. Tingkat kepuasan karyawan skor 958, di interval skor 856 – 1120 = “cukup baik”. Tingkat pelatihan karyawan RS Islam Faisal Makassar skor 654 berada di interval Skor 570 – 746 kategori ”cukup baik”.
Saran: menjadi bahan edukasi atau referensi Bagi Rumah Sakit Islam Faisal Makassar : 1. meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan visi dan misi Rumah Sakit Islam Faisal Makassar. 2. meningkatkan kecepatan dan ketetapan dalam melakukan pelayanan, memberikan perhatian kepada karyawan dengan bonus dan insentif yang sesuai serta memberikan pelatihan dan pendidikan agar memberikan mutu sdm yang semakin berkompeten.
Keywords
Article Details
References
- Ani, Fitri. 2017. “Definisi Rumah Sakit serta tugas dan fungsi”. Jurnal Academia Education Vol.9 (1). Diperoleh:https://www.academia.edu/34722488/Definisi_Tugas_Dan_Fungsi_Rumah_Sakit_Menurut_WHO. Diakses pada tanggal 11 April 2020.
- Buchari. (2017). Mengukur Tingkat Kepuasan. Diperoleh Dari : Repository.unimus.ac.id/603/3/BAB%20II.docx.pdf. Diakses pada tanggal 3 Jui 2019.
- Damayanti. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Dalam Hal Kemampuan, Ketanggapan, Dan Hubungan Interpersonal Perawat Di Ruang Rawat Ianp Kelas I Dan Ii Dr.SardjitoYogyakarta. Skripsi SI Keperawatan tidak dipublikasikan.
- Darto. (2015). Pengelolah Data Elektronik Malang. Dipeoleh dari: http://bantur.malangkap.go.id/?page id=4782. Diakses 14 April 2019.
- Dumbi. (2017). Jurnal Tinjauan Dan Fungsi Rumah Sakit. Diperoleh dari: eprints.ung.ac.id/4863/5/2012-1-48401-821309061-bab2-12082012062400.pdf. diakses pada tanggal 30 Mei 2019.
- _________(2017). Jurnal “Tinjauan Dan Fungsi Rumah Sakit” Vol.22 (4). Diperoleh Dari: epirints.Ung.Ac.Id/4863/5/2012-1-48401-821309061-Bab2-12082012062400.pdf. diakses pada tanggal 15 Februari 2020.
- Ilsa Lailiana. 2015. Skirpsi : “Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balance Scorecard (RSU Haji Makassar)” (Makassar: UNHAS,2015), Hal. 6. Diakses pada 11 april 2020. Diperoleh dari : adoc.tips/skripsi-analisis-kinerja-rumah –sakit-dengan-pendekatan-balan.html
- Latendengan, Reszki Nofrald. Skripsi : “Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makassar” (Makassar: Unhas,2015), Hal.13). Diakses pada tanggal 14 mei 2020. Diperoleh link : %2012%20skrip%20LATENDENGAN.pdf
- Permenkes Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Diperoleh dari: https://www.persi.or.id/images/regulasi/permenkes/pmk32020.pdf. Diakses pada tanggal 19 Juli 2020.
- Rahma. (2017). Tinjauan Klasifikasi Rumah Sakit. Diperoleh dari: digilib.unila.ac.id/12932/14/BAB%20II.pdf. diakses pada tanggal 31 Mei 2019.
- Rahmayanti, Fida. 2016. “Jurnal pengukuran kinerja unit RSI Unisma Malang menggunakan balance scorecard’. Jurnal Kedokteran Brawijaya Vol. 29. No. 3, 2016. Dapat diakses pada: http://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/1593. Diakses pada tanggal 11 April 2020
- Sri Lestari. 2015. Skripsi : “ Pengukurankinerja dengan pendekatan balance scorecard pada rumah sakit PKU muhammadiyah gombong. (Yogyakarta: UNY, 2015), Hal. 6. Diakses pada : 11 April 2020
- Sumarni. 2017. “Analisis kinerja organisasi dengan pendekatan balance scorecard di rumah sakit ibnu sina Makassar”. Unnes Journal Of Public Health. Vol. 6, No. 4. Diakses 22 Juni 2020. Diperoleh dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph
- Waskito, Hening Hafidz. 2015. ”Jurnal Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Pada Rsud Kota Semarang”. Accounting Analysis Journal. Vol. 4, No. 1. Diakses pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj. Diakses pada tanggal 11 April 2020.
References
Ani, Fitri. 2017. “Definisi Rumah Sakit serta tugas dan fungsi”. Jurnal Academia Education Vol.9 (1). Diperoleh:https://www.academia.edu/34722488/Definisi_Tugas_Dan_Fungsi_Rumah_Sakit_Menurut_WHO. Diakses pada tanggal 11 April 2020.
Buchari. (2017). Mengukur Tingkat Kepuasan. Diperoleh Dari : Repository.unimus.ac.id/603/3/BAB%20II.docx.pdf. Diakses pada tanggal 3 Jui 2019.
Damayanti. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan Dalam Hal Kemampuan, Ketanggapan, Dan Hubungan Interpersonal Perawat Di Ruang Rawat Ianp Kelas I Dan Ii Dr.SardjitoYogyakarta. Skripsi SI Keperawatan tidak dipublikasikan.
Darto. (2015). Pengelolah Data Elektronik Malang. Dipeoleh dari: http://bantur.malangkap.go.id/?page id=4782. Diakses 14 April 2019.
Dumbi. (2017). Jurnal Tinjauan Dan Fungsi Rumah Sakit. Diperoleh dari: eprints.ung.ac.id/4863/5/2012-1-48401-821309061-bab2-12082012062400.pdf. diakses pada tanggal 30 Mei 2019.
_________(2017). Jurnal “Tinjauan Dan Fungsi Rumah Sakit” Vol.22 (4). Diperoleh Dari: epirints.Ung.Ac.Id/4863/5/2012-1-48401-821309061-Bab2-12082012062400.pdf. diakses pada tanggal 15 Februari 2020.
Ilsa Lailiana. 2015. Skirpsi : “Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balance Scorecard (RSU Haji Makassar)” (Makassar: UNHAS,2015), Hal. 6. Diakses pada 11 april 2020. Diperoleh dari : adoc.tips/skripsi-analisis-kinerja-rumah –sakit-dengan-pendekatan-balan.html
Latendengan, Reszki Nofrald. Skripsi : “Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Daya Makassar” (Makassar: Unhas,2015), Hal.13). Diakses pada tanggal 14 mei 2020. Diperoleh link : %2012%20skrip%20LATENDENGAN.pdf
Permenkes Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Diperoleh dari: https://www.persi.or.id/images/regulasi/permenkes/pmk32020.pdf. Diakses pada tanggal 19 Juli 2020.
Rahma. (2017). Tinjauan Klasifikasi Rumah Sakit. Diperoleh dari: digilib.unila.ac.id/12932/14/BAB%20II.pdf. diakses pada tanggal 31 Mei 2019.
Rahmayanti, Fida. 2016. “Jurnal pengukuran kinerja unit RSI Unisma Malang menggunakan balance scorecard’. Jurnal Kedokteran Brawijaya Vol. 29. No. 3, 2016. Dapat diakses pada: http://jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/1593. Diakses pada tanggal 11 April 2020
Sri Lestari. 2015. Skripsi : “ Pengukurankinerja dengan pendekatan balance scorecard pada rumah sakit PKU muhammadiyah gombong. (Yogyakarta: UNY, 2015), Hal. 6. Diakses pada : 11 April 2020
Sumarni. 2017. “Analisis kinerja organisasi dengan pendekatan balance scorecard di rumah sakit ibnu sina Makassar”. Unnes Journal Of Public Health. Vol. 6, No. 4. Diakses 22 Juni 2020. Diperoleh dari: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph
Waskito, Hening Hafidz. 2015. ”Jurnal Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolok Ukur Kinerja Pada Rsud Kota Semarang”. Accounting Analysis Journal. Vol. 4, No. 1. Diakses pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj. Diakses pada tanggal 11 April 2020.