Main Article Content
Abstract
Pemasaran digital adalah kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Jumlah rumah sakit yang semakin meningkat membuat setiap rumah sakit saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan, sehingga perlu upaya untuk mempengaruhi kepuasan pasien adalah dengan meningkatkan layanan perawatan kesehatan yang berkualitas dan menjamin kepuasan pasien sehingga setiap pasien yang datang akan merekomendasikan fasilitas kesehatan yang dikunjungi. Berdasarkan hasil survei pendahuluan yang dilakukan peneliti di RSUD Labuang Baji Kota Makassar diperoleh data awal dari rekam medik bahwa persentase kepuasan pasien mengalami penurunan dan belum memenuhi indikator Standar Pelayanan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh pemasaran digital terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat inap RSUD Labuang baji Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 265 responden dan Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh accessibility (p=0,001), interactivity (p=0,017), credibility (p=0,004), informativeness (p=0,017) site desain (p=0,014). Sedangkan entertainment (p=0,447) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Kemudian variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah accesebility (aksesibilitas) (p=0,000). Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan pemasaran digital dan layanan kesehatan pada pasien agar kepuasan pasien meningkat.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal References
- Boy Suzanto. (2011). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kota Banjar. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(1), 28–44. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/3
- Budihartana, J. K. (2022). Pengaruh Aktivitas, Konten, Interaktivitas Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang Merek Erigo Di Sosial Media Instagram.
- Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17 23. https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202
- Depkes RI. (2005). Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Indikator Pelayanan Rumah Sakit.
- Dewi, N. K. S. S. (2014). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
- Evisusanti, S. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020.
- Fajar, R., & Irawati, W. (2018). Pengaruh Perceived Entertaiment Dan Norma Subjektif Terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Mobile Shopping Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4),
Journal References
Boy Suzanto. (2011). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kota Banjar. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(1), 28–44. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/3
Budihartana, J. K. (2022). Pengaruh Aktivitas, Konten, Interaktivitas Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Beli Ulang Merek Erigo Di Sosial Media Instagram.
Burhan, L., & Sulistiadi, W. (2022). Optimalisasi Strategi Digital Marketing Bagi Rumah Sakit. Branding: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 17 23. https://doi.org/10.15575/jb.v1i1.17202
Depkes RI. (2005). Departemen Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2005 Tentang Indikator Pelayanan Rumah Sakit.
Dewi, N. K. S. S. (2014). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar.
Evisusanti, S. (2020). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Puskesmas Tiban Baru Tahun 2020.
Fajar, R., & Irawati, W. (2018). Pengaruh Perceived Entertaiment Dan Norma Subjektif Terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Mobile Shopping Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(4),