Main Article Content

Abstract

Penerapan patient centered care di RSUD Labuang Baji akan memberikan sejumlah dampak
positif yang akan dirasakan
baik oleh staf maupun pasien. Meskipun dampak pada pasien adalah untuk meningkatkan
pengetahuan pasien tentang kesehatan, meningkatkan perilaku perawatan diri pasien,
mendapatkan layanan yang sopan dan menyenangkan dari tenaga medis, serta
meningkatkan kepuasan pasien, sehingga mutu pelayanan kesehatan meningkat. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan patient centered care
terhadap kepuasan pasien melalui mutu pelayanan kesehatan sebagai variabel intervening
di RSUD Labuang Baji tahun 2023.
Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang
menggunakan metodologi penelitian yang dikenal dengan penelitian cross-sectional.
Penelitian ini dilakukan di Ruang Rawat Inap RSUD Labuang Baji sebanyak 242 responden
yang ditentukan melalui teknik purpose sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui kuesioner dan data sekunder rumah sakit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh langsung antara variabel patient centered
care terhadap mutu pelayanan adalah sebesar 0,560, sedangkan Pengaruh langsung antara
variabel mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien adalah sebesar 0,345, sehingga
Pengaruh tidak langsung antara variabel patient centered care terhadap kepuasan pasien
melalui mutu pelayanan adalah sebesar 0,193. Disarankan kepada pihak Disarankan pihak
RSUD Labuang Baji agar tetap mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan Patient
Centered Care, kepuasan pasien dan mutu pelayanan kesehatan.

Keywords

patient centered care, kepuasan pasien, mutu pelayanan kesehatan, rumah sakit

Article Details

How to Cite
fitri, F., Hj. Afriyana Amelia Nuryadin, Dian Ekawaty, & Tri Wahyudi. (2024). PENGARUH PENERAPAN PATIENT CENTERED CARE TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI MUTU PELAYANAN KESEHATAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) LABUANG BAJI TAHUN 2023. Public Health And Medicine Journal, 2(2), 24–36. https://doi.org/10.59583/pama.v2i2.104

Journal References

  1. Amelia, I. I. N. (2018). Faktor Yang
  2. Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan
  3. Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs
  4. Rawat Jalan Puskesmas Paccerakang Kota
  5. Makassar.
  6. Chanafie, D., Asmirajanti, M., & Abeng, T.
  7. De. (2022). Pengaruh Budaya Pelayanan
  8. Berfokus Pada Pasien Terhadap Mutu
  9. Pelayanan Do Rsu Dki Jakarta. The Journal
  10. Of Hospital Accreditation, 04(1), 13–16.
  11. Dina, E. S., Mutmainnah, & Darwis, D.
  12. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan. 1(2),
  13. –66.
  14. Fauziyah, N., Tutik, R., Hariyati, S., &
  15. Fatmawati, U. (2020). Penerapan Metode
  16. Pelibatan Pasien Melalui Feedback Pasien
  17. Dan Edukasi Speak-Up Di Ruang Rawat Inap
  18. Rumah Sakit X Jakarta : Pilot Study. March,
  19. –451.
  20. Https://Doi.Org/10.20527/Dk.V8i2.8859
  21. Handayani, F. (2019). Hubungan Komunikasi
  22. Dan Reward Dengan Pendahuluan. Jurnal
  23. Of Borneo Holistic Health, 2(1), 125–134.
  24. Jaya, I. B. R. (2022). Hubungan Mutu
  25. Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan
  26. Pasien Rawat Jalan Penyakit Tidak Menular
  27. Di Uptd Puskesmas Tosora Kabupaten Wajo.
  28. Nurjanah, S. R. (2019). Skripsi Pengaruh
  29. Patient Centered Care Terhadap Kepuasan
  30. Dan Kepercayaan Pada Pasien Prolanis :
  31. Konteks Pelayanan Kefarmasian Di
  32. Puskesmas Kota Magelang Tahun 2019.
  33. Purba, J. R. (2020). Pengaruh Mutu
  34. Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan
  35. Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Putri
  36. Hijau Medan Tahun 2019.
  37. Rombon, L. A. Y., Podung, B. J., & Mamuaja,
  38. P. P. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan
  39. Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di
  40. Puskesmas Papakelan. Kesehatan Masyarakat
  41. Unima, 02(02), 2–7.
  42. Rosa, E. M. (2018). Patient Centered Care Di
  43. Rumah Sakit Konsep Dan Implementasi.
  44. Rusmawati, A. (2016). Upaya Meningkatkan
  45. Kemampuan Perawat Dalam Menerapkan
  46. Patient Centered Care (Pcc) Di Rumah Sakit.
  47. Sariguna, P., Kennedy, J., Pare, S., Fitranto,
  48. A. G., & Simanullang, R. (2022). Peningkatan
  49. Pemahaman Mengenai Pelayanan Rumah
  50. Sakit Melalui Diskusi Di Rumah Sakit Kanker
  51. Dharmais Jakarta. 5(3), 107–114.