Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis model dan strategi pemasaran produk tabungan emas pada PT. Pegadaian Area Makassar 2. Adapun metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan melihat model dan segmentasi pasar (segmentation, targeting dan positioning ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model strategi yang digunakan adalah media online menggunakan whatsaap, facebook, instagram, tiktok,webinar serta melakukan pengiklanan berbagai media guna lebih memperkenalkan produk tabungan emas serta keunggulan yang dimilikinya selain sebagai investasi berjangka panjang guna sebagai mengajarkan kepada masyarakat untuk bisa menabung menyisihkan tabungan untuk kedepannya yang bernilai tambah. Penentuan dan penerapaan berbagai segmentasi, targeting dan positioning seperti melihat komunitas, UMKM, sekolah, instansi, perguruan tinggi serta melakukan beberapa program sesuai dengan PODC (plannig , organizing , directing dan controling) merupakan strategi pemasaran produk penjualan tabungan emas yang diterapkan oleh PT Pegadaian Area Makassar 2. Dengan penerapan strategi tersebut terjadi peningkatan yang signifikan dengan jumlah nasabah serta jumlah pembukaan rekening jumlah tabungan emas yang dimiliki oleh PT Pegadaian Area Makassar 2.

Keywords

Strategi Pemasaran Tabungan Emas

Article Details

How to Cite
Suhesti, & Abdul Samad. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH. Management and Accounting Research Journal, 3(2), 182-203. Retrieved from https://jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/mars/article/view/96

References

  1. Aisyah. 2018. Implementasi experiental m arketing dalam meningkatkan Cross Selling Bank Panin Dubai SyariahKCU HR Muhammad Surabaya. Surabaya.
  2. Anwar, Saifudin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Assauri, S. (2013). M anajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
  3. Abidin, Z., Daga, R., & Hamu, M. H. A. (2023). Pengaruh Service Excellent dan Citra Produk Pegadaian terhadap Kepuasan Nasabah Agen melalui Perilaku Konsumen pada Pegadaian Area Makassar 2. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 262-280.
  4. Daga Rosnaini, 2017. Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Gowa. Global Research And Consulting Institute (Global-RCI).
  5. Daga, R., & Indriakati, A. J. (2022). Religiosity, Social And Psychological Factors On Purchase Decisions And Consumer Loyalty. Jurnal Manajemen, 26(3), 469-491.
  6. Daga, R., & Pollii, F. (2020). Pengaruh Marketing Experience dan Customer Value terhadap Kepuasan Konsumen pada Pelanggan PT. Daya Muda Agung Makassar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 149-161.
  7. Daga, R. (2017). Strategi Meningkatkan Kepuasan Nasabah Tabungan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Hasa Mitra Cabang Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 14(3).
  8. Fawzi, dkk. (2022). Strategi Pem asaran (konsep, teori dan implementasi). Hamdat, A dkk. 2020. M anajem en Pem asaran dan Perilaku K onsum en: Prinsip D asar, Strategi dan Im plem entasi. Yogyakarta: GCAINDO.
  9. Kesuma, Ridho Hadi. 2019. Efektivitas Komunikasi Cross-Selling Frontliner Terhadap Peningkatan Penjualan Produk PT. Bank Panin Dubai Syariah Medan. Sumatera Utara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Poitik.
  10. Lontaan, Julia dkk. 2019. Penentuan Strategi Pem asaran D alam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Dengan Menggunakan Analisis Swot Di PT. Asuransi Asei Indonesia Cabang M anado. Jurnal EMBA Vol.7 No.4 Juli 2019, Hal. 5039-5048.
  11. Narto dan Basuki Gatot. 2020. Penguatan Strategi Pem asaran Pudak Di Tengah Pandem i C ovid-19 U ntuk M eningkatkan K eunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol 6 No 1.
  12. Pangaila, Mega M, dkk. 2020. Gold Saving Product Marketing Strategies Increasing the Number Of Customers (Study At PT. Pegadaian CP Manado Selatan ). Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA. Vol.8 No.4.
  13. Rakhmayani, Halimah. 2021. Strategi Pem asaran Produk Tabungan Ib H ijrah H aji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Di Masa Pandemi Covid-19 . Universitas Sam Ratulangi. Vol.8 No.4 Oktober 2020.
  14. Rosmadi, Markarto Lucky. 2021. Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pendemi Covid – 19 . STIE Kridatama Bandung.
  15. Saleh, Muhammad Yusuf dan Said, Miah. 2019. K onsep dan Strategi Pemasaran. CV Sah Media. Makassar.
  16. Sarmiana, Batubara dan Nasution, Afrini (2021) Strategi Pemasaran dan Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian
  17. Syariah Unit Sadabuan Padangsidim puan. Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Jurnal Ekonomi Islam. Vol.03 Nomor 02 Desember 2021.
  18. Situmorang, Eka Widya Alvionita. 2019. Strategi Pem asaran Dalam Meningkatkan Nasabah Produk Tabungan Im pian Pada B ank R akyat Indonesia Syariah K C P Tebing Tinggi. Sumatera Utara. Program Studi D-III Perbankan Syariah.
  19. Sugiyono. 2017. M etodologi Penelitian B isnis. Bandung: Alfabeta.
  20. Suswanto dan Setiawati (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran
  21. Shopee Dalam Membangun Positioning di Tengah Pandem i C ovid-19 di Indonesia. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16- 29.
  22. Jaya, T. P., Daga, R., & Samad, A. (2023). Analisis Strategi Bersaing PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Selama Masa Pandemi Covid 19 dan Pengaruhnya terhadap Laba dengan Menggunakan Analisis Rantai Nilai. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 247-261.
  23. Taufik, dan Eka, Avianti Ayuningtyas. 2020. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap B isnis D an Eksistensi Platform Online. Stie Ipwija Indonesia. Vol 22, No. 01. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1.