Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh aplikasi belanja online dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa jurusan manajemen Angkatan 2018 (STIE AMKOP) Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 79 mahasiswa jurusan manajemen angkatan 2018 Stie Amkop Makassar yang pernah berbelanja di Shopee. Terdapat 79 kuesioner yang dibagikan lewat Google form. Analisis regresi linear berganda adalah metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi belanja online berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Serupa dengan secara parsial gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. pengujian secara simultan menunjukkan bahwa aplikasi belanja online dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ainy, Z. N. 2020. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672
- Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implememtasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Abdullah, M. N. F., & Suja’i, I. S. 2022. Pengaruh Gaya Hidup Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 72–84. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.402
- Adiputra, R., & Moningka, C. 2012. Gambaran Perilaku Konsumtif terhadap Sepatu Pada Perempuan Dewasa Awal.
- Afifah, N., & Yudiantoro, D. 2022. YUME : Journal of Management Pengaruh Gaya Hidup dan Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif. YUME : Journal of Management, 5(2), 365–375. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.345
- Anugrahati, Rifa Dwi styaning. 2014. Gaya Hidup Shopaholic Sebagai Bentuk Konsumtif pada Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.
- Arikunto, Suharsimi. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penelitian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- ArIkunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitia: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Asri, A. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babelan. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi.
- Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Azizah, M., & Aswad, M. 2022. Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4).
- Cahya Vianda, N. 2021.. Analisis Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FEB UMPRI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2016).
- Desti, R. 2018. Pengaruh Belanja Online di Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah Imogiri Bantul.
- Dhukha, Z. 2020.. Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Gaya Hidup Hedonis Dan Persepsi Terhadap Iklan Produk Wardah Pada Mahasiswi Uin Raden Intan Lampung Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) Pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.
- Donni Juni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
- Dwikurnaningsih, Y., Irawan, S., & Dewi, M. P. 2020. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Pengaruh Online Shop Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt
- Ekonomi, J., Teknologi, M., Septiansari, D., & Handayani, T. 2021. Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372
- Fatmawati, N. 2020. Gaya hidup mahasiswa akibat adanya online shop. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 29(1), 29–38. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.23722
- Fera, R. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online Dan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Di IAIN Surakarta.
- Haryani, I., & Herwanto, J. 2015. Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
- Hasibuan, E.P.N. 2010. Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Puteri. Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
- Hidayah, R. W. 2015. Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Manajemen Putri di Surakarta. 2. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
- Ika, Pratiwi Galih. 2015 Perilaku Konsumtif dan Bentuk Gaya Hidup, Jurnal Unbraw: Malang. Islamy, D. P. 2015. Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMP Islam Cikal Harapan Bui Serpong BSD) Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Hidayatullah Jakarta.
- Junaidi. 2010. Tabel F Lengkap. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/208.
- Junaidi. 2010. Tabel r. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. https//ww.academia.edu/12433531/Tabel_r
- Junaidi. 2010. Tabel t (d.f = 1 -200). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/209
- Kanserina, D. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya hidup Terhadap Perilaku konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi.
- Kotler, P. & Armstrong, G. 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.
- Kuncoro, Mudraiad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
- Listyorini. 2012. Analisis Faktor-Faktor Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sederhana Studi Pada Pelanggan Perumahan Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang).
- Luthfiyyah, Khoirunnissa. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UPI (Survei Pada Penggunaan Aplikasi Shopee di Kalangan Mahasiswa Pendidikan IPS UPI).
- Mardiah, A. 2019. Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93.
- Martono, Nanang, 2012. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan poskolonial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Medhy, Hidayat 2016. Jean Baudrillard, Simulasi dan Hiperrealitas. Melina, A., & Saftia, W. 2018. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya hidup Terhadap Perilaku konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko.
- Noni, R., & Hindun, N. 2021. Pengaruh Online Shop dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Medan.
- Nur, Wahyunita. 2016. Pengaruh Lokasi, Keberagaman Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Ekspres Cabang Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
- Nurdin Hasibuan, A., Rambe. 2020. Perilaku Konsumen Dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender, D., Studi Manajemen, P., & Ekonomi.
- Nurhaini, D. 2018. Pengaruh Konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Gedget Remja SMAN 1 Tanah Grigot Psikoborneo.
- Priyanto, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI).
- Pulungan, D. R., & Febriaty, H. 2018. JRSM 2(3) Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. In Jurnal Riset Sains Manajemen Vol. 2, Issue 3).
- Purwanto, Edy. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Semarang. Pustaka Pelajar.
- Rianton. 2012. Hubungan Antara Konformitas Sekolompok Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Kab. Dhamasraya Di Yogyakarta, jurnal psikologi.
- Rismayanti, T., & Oktapiani, S. 2020. Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. www.wartaekonomi.co.id,
- Sa’idah, F., & Fitrayati, D. 2022. Analisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 9(3), 467. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5288
- Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antarpologi Di Universitas Airlangga, Jurnal AntroUnairdotNet: Vol. 4 No. 2.
- Siregar, Syofian. 2012. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
- Sugiyono. 2012. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2013. Prosedur Penelitian dan Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. 2019. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
- Sumartono. 2016. Ciri-ciri Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda. Jurnal Psikologi, Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
- Sumartono. 2016. Hubungan Antara Konfirmitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
- Sumarwan, Ujang. 2012. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor, Ghalia Indonesia.
- Susanto, Angga Sandy. 2013. Mmbuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup).
- Tambunan, R. 2001. Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Psikologi dan Masyarakat http//:www.e-psikologi.com/remaja/191101.htm.
- Thohiroh, Anisa Qodaril. 2015. Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashion Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Wijaya, Toni. 2009. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
- Yuwanto, L. 2015. Lebaran Sastra Prancis dan Perilaku Konsumtif Masyarakat. UBAYA: Universitas Surabaya.
- Zahrah, A., & Tayo, Y. 2022. Konsumtif (Survey Eksplanatori Mengenai Pengaruh Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSIKA). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pada Belanja Online Shopee.
References
Ainy, Z. N. 2020. Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672
Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implememtasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Abdullah, M. N. F., & Suja’i, I. S. 2022. Pengaruh Gaya Hidup Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 72–84. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.402
Adiputra, R., & Moningka, C. 2012. Gambaran Perilaku Konsumtif terhadap Sepatu Pada Perempuan Dewasa Awal.
Afifah, N., & Yudiantoro, D. 2022. YUME : Journal of Management Pengaruh Gaya Hidup dan Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif. YUME : Journal of Management, 5(2), 365–375. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.345
Anugrahati, Rifa Dwi styaning. 2014. Gaya Hidup Shopaholic Sebagai Bentuk Konsumtif pada Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penelitian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
ArIkunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitia: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asri, A. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Babelan. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi.
Assauri, S. 2014. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah, M., & Aswad, M. 2022. Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4).
Cahya Vianda, N. 2021.. Analisis Pengaruh Online Shop Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FEB UMPRI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Angkatan 2016).
Desti, R. 2018. Pengaruh Belanja Online di Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMA Muhammadiyah Imogiri Bantul.
Dhukha, Z. 2020.. Perilaku Konsumtif Ditinjau Dari Gaya Hidup Hedonis Dan Persepsi Terhadap Iklan Produk Wardah Pada Mahasiswi Uin Raden Intan Lampung Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas dan Memenuhi Syarat-Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) Pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.
Donni Juni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Dwikurnaningsih, Y., Irawan, S., & Dewi, M. P. 2020. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan Pengaruh Online Shop Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt
Ekonomi, J., Teknologi, M., Septiansari, D., & Handayani, T. 2021. Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Teknologi, 5(1), 53–65. https://doi.org/10.35870/emt.v5i1.372
Fatmawati, N. 2020. Gaya hidup mahasiswa akibat adanya online shop. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 29(1), 29–38. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i1.23722
Fera, R. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online Dan Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Di IAIN Surakarta.
Haryani, I., & Herwanto, J. 2015. Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Hasibuan, E.P.N. 2010. Hubungan antara Gaya Hidup Brand Minded dengan Kecenderungan Perilaku Konsumtif pada Remaja Puteri. Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Hidayah, R. W. 2015. Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion pada Manajemen Putri di Surakarta. 2. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886
Ika, Pratiwi Galih. 2015 Perilaku Konsumtif dan Bentuk Gaya Hidup, Jurnal Unbraw: Malang. Islamy, D. P. 2015. Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi SMP Islam Cikal Harapan Bui Serpong BSD) Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Hidayatullah Jakarta.
Junaidi. 2010. Tabel F Lengkap. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/208.
Junaidi. 2010. Tabel r. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. https//ww.academia.edu/12433531/Tabel_r
Junaidi. 2010. Tabel t (d.f = 1 -200). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/209
Kanserina, D. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya hidup Terhadap Perilaku konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi.
Kotler, P. & Armstrong, G. 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi 13. Bahasa Indonesia Jilid 1 dan 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.
Kuncoro, Mudraiad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Listyorini. 2012. Analisis Faktor-Faktor Gaya Hidup dan Pengaruhnya Terhadap Pembelian Rumah Sederhana Studi Pada Pelanggan Perumahan Dinar Mas PT. Ajisaka di Semarang).
Luthfiyyah, Khoirunnissa. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UPI (Survei Pada Penggunaan Aplikasi Shopee di Kalangan Mahasiswa Pendidikan IPS UPI).
Mardiah, A. 2019. Analisis Perilaku Konsumtif Masyarakat Muslim Menjelang Idul Fitri Di Kota Pekanbaru. Jurnal Al-Iqtishad, 13(2), 93.
Martono, Nanang, 2012. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan poskolonial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Medhy, Hidayat 2016. Jean Baudrillard, Simulasi dan Hiperrealitas. Melina, A., & Saftia, W. 2018. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya hidup Terhadap Perilaku konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko.
Noni, R., & Hindun, N. 2021. Pengaruh Online Shop dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Medan.
Nur, Wahyunita. 2016. Pengaruh Lokasi, Keberagaman Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Ekspres Cabang Alauddin Makassar. Skripsi. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Nurdin Hasibuan, A., Rambe. 2020. Perilaku Konsumen Dalam Belanja Online Melalui Perspektif Gender, D., Studi Manajemen, P., & Ekonomi.
Nurhaini, D. 2018. Pengaruh Konsep Diri dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Gedget Remja SMAN 1 Tanah Grigot Psikoborneo.
Priyanto, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET (ANDI).
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. 2018. JRSM 2(3) Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. In Jurnal Riset Sains Manajemen Vol. 2, Issue 3).
Purwanto, Edy. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Semarang. Pustaka Pelajar.
Rianton. 2012. Hubungan Antara Konformitas Sekolompok Teman Sebaya Dengan Gaya Hidup Hedonis Kab. Dhamasraya Di Yogyakarta, jurnal psikologi.
Rismayanti, T., & Oktapiani, S. 2020. Pengaruh Uang Saku dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa. www.wartaekonomi.co.id,
Sa’idah, F., & Fitrayati, D. 2022. Analisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 9(3), 467. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5288
Sari, Chacha Andira. 2015. Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antarpologi Di Universitas Airlangga, Jurnal AntroUnairdotNet: Vol. 4 No. 2.
Siregar, Syofian. 2012. Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. 2012. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Prosedur Penelitian dan Pendekatan Praktik. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sumartono. 2016. Ciri-ciri Perilaku Konsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga Di Kota Samarinda. Jurnal Psikologi, Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Sumartono. 2016. Hubungan Antara Konfirmitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.
Sumarwan, Ujang. 2012. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, Bogor, Ghalia Indonesia.
Susanto, Angga Sandy. 2013. Mmbuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup).
Tambunan, R. 2001. Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jurnal Psikologi dan Masyarakat http//:www.e-psikologi.com/remaja/191101.htm.
Thohiroh, Anisa Qodaril. 2015. Perilaku Konsumtif Melalui Online Shopping Fashion Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wijaya, Toni. 2009. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Yogyakarta. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Yuwanto, L. 2015. Lebaran Sastra Prancis dan Perilaku Konsumtif Masyarakat. UBAYA: Universitas Surabaya.
Zahrah, A., & Tayo, Y. 2022. Konsumtif (Survey Eksplanatori Mengenai Pengaruh Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSIKA). Jurnal Ilmu Sosial Dan Pada Belanja Online Shopee.