Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan label halal secara bersamaan pada keputusan pembelian produk kosmetik di kabupaten Barru. Juga untuk mengetahui pengaruh religiusitas keputusan pembelian produk kosmetik di kabupaten Barru, dan untuk mengetahui apakah label halal mempengaruhi keputusan pembelian produk kosmetik di Kabupaten Barru. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah konsumen produk kosmetik yang melakukan pembelian di Kabupaten Barru. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara purposive dengan menggunakan kuota sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: religiusitas dan label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kabupaten Barru, religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kabupaten Barru, label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik di Kabupaten Barru.

Keywords

Religiusitas Label Halal Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Lestari, T. D., & Lestari Daswan. (2023). PENGARUH RELIGIUSITAS DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK. Management and Accounting Research Journal, 3(1), 135-146. Retrieved from https://jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/mars/article/view/83

References

  1. Ahmad, JamaI., &, Juwaidah, Sharifuddin. 2014. Perceived value and perceived usefulness of halal labelling: The role of religion and culture. JournaI of Business Research, 68(5), 933-941. h. 3
  2. Agustian, H. A., dan Sujana. 2013. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen
  3. Delener, N. 1990. The Effects of Religious Factors on Perceived Risk in Durable Goods Purchase Decision. Journal of Customer Marketing.
  4. Fauziah, F., Arrauf, I. F., & Fahrizal, F. 2018. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary
  5. Hanzaee, K. H., & Ramezani, M. R. 20211. Intention to Halal Products in The World.
  6. Hunter, M. 2012. The Emerging Halal Cosmetic. Personal Care.
  7. Jalaluddin. 2010. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers. Markets.Interdisciplinary Journal of Research in Business.
  8. Kamilah, G., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–18.
  9. Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisis 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  10. Nasrullah, M. 2015. Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam.
  11. Nasution, M. D., dan Yossie R. 2016. Hubungan antara Religiusitas dan Pengambilan Keputusan Membeli Panganan Halal dimoderasi oleh Persepsi Konsumen atas risiko. Jurnal ilmiah Research Sains Vol.2 No. 2 Juni.
  12. Peter J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior Jilid II diterjemahkan oleh Damos Sihombing. Jakarta : Erlangga.
  13. Sadzalia, S. 2015. Pengaruh Label Halal dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Kota Malang.
  14. Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior, 7th Edition, Prentice Hall Inc, Upper Saddle River, New Jersey.
  15. Sumadi. 2016. Peranan Kepercayaan Kepada Penjual dan Label Halal terhadap Minat Beli Daging Halal, Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 1, No 2, Desember.
  16. Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor
  17. Utami, Wahyu Budi. 2013. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Membeli (Survei pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah di Outlet Wardah Griya muslim An-nisa Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan humaniora UIN Sunan Kalijaga.