Main Article Content
Abstract
This research aims to determine the partial and simultaneous influence of price variables and consumer purchasing decisions, where this research used a quantitative research approach with a sample size of 50 respondents, using a simple linear regression analysis method with the assistance of the SPSS application version 25. The result of the research showed a positive and significant influence of the price variable on consumer decision variables in purchasing, as well as on partial and simultaneous tests of the price variable on consumer decision variables in purchasing which show a positive and significant influence.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal References
- Al Rasyid, H., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39-49.
- Effendie. (2017). Keuangan Negara Suatu Tinjauan Komprehensif dan Terpadu. Penerbit: Airlangga University Press.
- Ermiati, C., Amanah, D., Utami, S., & Harahap, D. A. (2021). Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Pasar Tradisional Ditinjau Dari Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen (Studi Pada Pasar Sambas Medan). Tirtayasa Ekonomika, 16(2),282-295.
- Fauzi, L. (2016). Implentasi Program EDU- TOURISM di Perpustakaan. Universitas Pendidikan Indonesia: Perpustakaan.Upi.edu.
- Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(03).
- Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Jamaluddin. (2018). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur-Sayuran Pada Pasar Tradisional Di Kota Makassar”.
- Juhji, J., Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana. N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2).
- Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian: Raja Grafindo Persada.
- Musfar, Tengku Firli. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajeme. Penerbit: Media Sains Indonesia.
- Nasiroh, N., & Widodo, U. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kebijakan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Konsumen Di Matahari Departemen Store Tbk). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 12(2), 69-87.
- Nasution, R. U., & Aslami, N. (2022). Strategi Dalam Manajemen Pemasaran. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 21-35.
- Nurfaisah, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Di Pasar Tradisional Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. 2018. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
- Nurhalimah, S. (2021). Pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Pada Indogrosir Ciputat. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).
- P, Made Indra., & Ika Cahyaningrum. (2010). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Penerbit: CV Budi Utama.
- Prabowo, A. J. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Membeli Sayur Organik di Trasmart Plaza Medan Fair (Doctoral Dissertation)
- Ramadhan, M. (2019). Metode Penelitian. Penerbit: Cipta Media Nusantara (CMN).
- Rianto, A. W., & Fanani, D. (2014). Pengaruh Merek Dan Kebijakan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengunjung Yang Membeli Dan Mendapatkan Diskon Musiman. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 14(1).
- Rizaldi, F., & Suryono, B. (2015). Pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap karyawan CV Teguh Karya Utama Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(10).
- Roflin, Eddy., Iche Andriyani Liberty., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Penerbit: Nasya Expanding Management (NEM).
- Ruyatnasih, Yaya., & Liya Megawati. (2018). Pengantar Manajemen Teori, Fungsi, Dan kasus, Edisi 2. Penerbit: ABSOLUTE MEDIA.
- Sa’adah, Lailatus., & Abdullah Fajaruh Munir. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Penerbit: LPPM Universitas KA. A Wahab Hasbullah.
- Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2).
- Saleh, Muhammad Yusuf., & Miah Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar. Penerbit: Sah Media.
- Salsabila, A. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
- Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327- 1342.
- Saodah, D. S., & Malia, R. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran si Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). AGROSCIENCE, 7 (1), 178-193.
- Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Penerbit: Universitas Brawijaya Press.
- Sinaga, R., & Purba, M.R. (2020). Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid- 19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur dan Buah Di Pasar Tradisional “Pajak Pagi Pasar V” Padang Bulan. Jurnal Regionomic, 2(2), 37-48.
- Siyoto, Sandu., & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit: Literasi Media Publishing.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan, kuantitatif dan R&D). Cet.23. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Tambunan, K., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus pada Konsumen di Bandeng Presto Semarang). (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
- Utami, K., Rauf, A., & Salmiah, S. (2019). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Agrotekma: Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian, 3(2), 75-84.
- Wardani, H. S. (2015). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Undergraduate (s1) thesis, UIN Walisongo, 2015.
- Wibowo, Radna Andi. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang University.
- Zainuddin, Nurisra Iqrana. 2020. “Pengaruh Perilaku Konsumen Pada Pembelian Sayuran Segar di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Tradisional Malili Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur). Universitas Muhammadiah Makassar.
- Zargustin, D. & Putri, A. (2021). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Pembelian Produk Sayur Organik di Pasar Modern (Studi Kasus Pasar Buah Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning.
- Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk dan harga terhadap keputusan pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123-136.
- Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Journal References
Al Rasyid, H., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39-49.
Effendie. (2017). Keuangan Negara Suatu Tinjauan Komprehensif dan Terpadu. Penerbit: Airlangga University Press.
Ermiati, C., Amanah, D., Utami, S., & Harahap, D. A. (2021). Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Pasar Tradisional Ditinjau Dari Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen (Studi Pada Pasar Sambas Medan). Tirtayasa Ekonomika, 16(2),282-295.
Fauzi, L. (2016). Implentasi Program EDU- TOURISM di Perpustakaan. Universitas Pendidikan Indonesia: Perpustakaan.Upi.edu.
Fauzi, Y. (2015). Manajemen Pemasaran Perspektif Maqashid Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 1(03).
Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Jamaluddin. (2018). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur-Sayuran Pada Pasar Tradisional Di Kota Makassar”.
Juhji, J., Wahyudin, W., Muslihah, E., & Suryapermana. N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2).
Martono, Nanang. (2010). Metode Penelitian: Raja Grafindo Persada.
Musfar, Tengku Firli. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran, Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajeme. Penerbit: Media Sains Indonesia.
Nasiroh, N., & Widodo, U. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kebijakan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Study Kasus Pada Konsumen Di Matahari Departemen Store Tbk). Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 12(2), 69-87.
Nasution, R. U., & Aslami, N. (2022). Strategi Dalam Manajemen Pemasaran. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(1), 21-35.
Nurfaisah, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Konsumen Untuk Berbelanja Di Pasar Tradisional Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. 2018. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Nurhalimah, S. (2021). Pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Pada Indogrosir Ciputat. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2).
P, Made Indra., & Ika Cahyaningrum. (2010). Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Penerbit: CV Budi Utama.
Prabowo, A. J. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen dalam Membeli Sayur Organik di Trasmart Plaza Medan Fair (Doctoral Dissertation)
Ramadhan, M. (2019). Metode Penelitian. Penerbit: Cipta Media Nusantara (CMN).
Rianto, A. W., & Fanani, D. (2014). Pengaruh Merek Dan Kebijakan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengunjung Yang Membeli Dan Mendapatkan Diskon Musiman. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 14(1).
Rizaldi, F., & Suryono, B. (2015). Pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap karyawan CV Teguh Karya Utama Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(10).
Roflin, Eddy., Iche Andriyani Liberty., & Pariyana. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran. Penerbit: Nasya Expanding Management (NEM).
Ruyatnasih, Yaya., & Liya Megawati. (2018). Pengantar Manajemen Teori, Fungsi, Dan kasus, Edisi 2. Penerbit: ABSOLUTE MEDIA.
Sa’adah, Lailatus., & Abdullah Fajaruh Munir. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. Penerbit: LPPM Universitas KA. A Wahab Hasbullah.
Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2).
Saleh, Muhammad Yusuf., & Miah Said. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar. Penerbit: Sah Media.
Salsabila, A. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Organik (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Sani, S. A., Batubara, M., Silalahi, P. R., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Scarlett Whitening. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(5), 1327- 1342.
Saodah, D. S., & Malia, R. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran si Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). AGROSCIENCE, 7 (1), 178-193.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Penerbit: Universitas Brawijaya Press.
Sinaga, R., & Purba, M.R. (2020). Pengaruh Pandemi Virus Corona (Covid- 19) Terhadap Pendapatan Pedagang Sayur dan Buah Di Pasar Tradisional “Pajak Pagi Pasar V” Padang Bulan. Jurnal Regionomic, 2(2), 37-48.
Siyoto, Sandu., & M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian. Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan, kuantitatif dan R&D). Cet.23. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tambunan, K., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto (Studi Kasus pada Konsumen di Bandeng Presto Semarang). (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Utami, K., Rauf, A., & Salmiah, S. (2019). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Agrotekma: Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian, 3(2), 75-84.
Wardani, H. S. (2015). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen muslim pada Jaizah Boutique Tlogosari Semarang. Undergraduate (s1) thesis, UIN Walisongo, 2015.
Wibowo, Radna Andi. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang University.
Zainuddin, Nurisra Iqrana. 2020. “Pengaruh Perilaku Konsumen Pada Pembelian Sayuran Segar di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Tradisional Malili Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur). Universitas Muhammadiah Makassar.
Zargustin, D. & Putri, A. (2021). Pengaruh Karakteristik Konsumen Terhadap Pembelian Produk Sayur Organik di Pasar Modern (Studi Kasus Pasar Buah Pekanbaru. Universitas Lancang Kuning.
Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk dan harga terhadap keputusan pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), 123-136.
Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.